Fakta Unik Tentang Mozilla Firefox

Posted by Muhammad Farhan Faturrochman On Selasa, 25 September 2012 0 komentar

Mozilla Firefox adalah browser yang populer urutan ketiga dalam urusan navigasi web, tepat berada di belakang Google Chrome dan Internet Explorer.Firefox terbilang unik di antara browser raksasa lainnya,dikarenakan Mozilla adalah satu-satunya  browser yang bersifat open source - yang berarti source code dari Mozilla itu tersedia untuk umum.


Untuk menandai ulang tahun ke-10 (23/09/12) dari browser open source ini, berikut adalah 10 fakta unik tentang Mozilla Firefox:

31 Maret 1998:
Para coder di Netscape memulai sebuah proyek open-source. Mereka menyebutnya Mozilla, sebuah codename untuk browser Netscape Navigator yang sangat populer pada era 1990-an. Mozilla berasal dari kata "mosaic" (browser lain yang populer tahun 1990-an) dan "killer."

23 September 2002:
 Peluncuran "Phoenix 0.1" yang menandai versi awal browser yang akhirnya akan dikenal sebagai Firefox.

15 Juli 2003:
The Mozilla Foundation didirikan. Yayasan ini merupakan organisasi non-profit yang berkomitmen bahwa, "Web adalah sumber daya publik bersama yang mesti diberdayakan,bukanlah komoditas untuk dijual."

15 Juni 2004:
Mozilla meluncurkan add-ons gallery, sebuah daftar komprehensif resmi mencakup exstension, themes, serta plug-in yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan browser mereka sesuai keinginannya.

9 November 2004:
 Mozilla memperkenalkan Firefox 1.0, versi lengkap pertama browser. Fans dari proyek ini membuat iklan satu halaman penuh di The New York Times untuk menyambut dirilisnya Firefox.

12 Agustus 2006:
Antusiasme para penggemar Firefox, yang sebagian besar adalah mahasiswa dari Oregon State, membuat crop circle selebar  220-kaki  replika logo Firefox di lahan gandum dekat Amity, Ore.

Mozilla Firefox

21 Februari 2008:
Total untuk download Firefox melebihi 500 juta.

17 Juni 2008:
 Mozilla Firefox Versi 3.0 rilis, memperoleh Guinness World Record untuk "Download terbanyak Software Aplikasi dalam 24 Jam," dengan total lebih dari 8 juta,dimana belum ada rekor seperti itu sebelumnya.

8 Februari 2011:
Versi beta dari Firefox 4 termasuk fitur "Do Not Track" diluncurkan, melanjutkan komitmen perusahaan tentang kebijakan privasi.

29 Maret 2011:
 Firefox merilis browser mobile untuk perangkat Android, tersedia di lebih dari 10 bahasa.

April 2011:
 Perusahaan menerapkan jadwal "Rapid Release" , membuat versi baru dari Firefox tersedia setiap enam minggu. Dengan jadwal ini, selalu ada empat versi Firefox yang sedang dikerjakan pada waktu tertentu. Pengguna dapat mencoba versi "Nightly" , yang memiliki update terbaru tapi belum sepenuhnya diperiksa, versi "Aurora" , yang lebih stabil, atau versi "Beta", versi terakhir sebelum rilis resmi.

26 Juli 2012:
Total download untuk add-ons melampaui 3 miliar. Firefox saat ini memiliki lebih dari 17.000 pengguna-pembuat add-ons.

23 september 2012:
 Lebih dari 450 juta orang menggunakan Firefox. Sekitar 40% source code dibuat oleh para relawan. Browser ini sangat populer di seluruh dunia,kini tersedia dalam 75 bahasa dan lebih dari separuh pengguna menggunakan versi non-Inggris.

Sumber
 

Semoga artikel Fakta Unik Tentang Mozilla Firefox bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar